Ternak Hamster

ternak hamsterTernak hamster merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan di sela-sela kesibukan anda. Perawatannya yang mudah, dan media kandangnya yang mudah, membuat banyak orang mulai menekuni dan mempelajari cara beternak hamster. Apalagi bagi anda yang hobi dengan hewan-hewan lucu, hamster merupakan pilihan yang tepat untuk memulai beternak hewan pengerat ini.

 

Ternak Hamster – Mengapa Harus Hamster?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hamster merupakan binatang yang mudah cara perawatannya, dan kandangnya pun sangat mudah didapat. Anda tak perlu secara khusus membuat kandang hamster, atau memesan ke toko hewan. Cukup dengan kotak bekas eskrim (biasanya berbentuk kotak), anda sudah bisa mulai untuk ternak hamster.

Kandang lain yang bisa anda gunakan adalah kandang yang terbuat dari kawat, atau akuarium kaca. Untuk akuarium kaca, mungkin biaya yang harus anda keluarkan lebih mahal. Maka dari itu, disarankan agar anda membeli kotak bekas eskrim saja. Harganya antara Rp.5.000,- sampai Rp.10.000,- saja, tergantung dari besarnya ukuran kotak tersebut.

Selain dari mudahnya perawatan, hamsterpun termasuk hewan yang cepat sekali berkembang biak. Hamster yang sudah berusia 3-4 bulan, sudah bisa dijadikan indukan dan siap untuk kawin. Sekali melahirkan, sang induk bisa melahirkan hingga 11 ekor anak. Namun rata-rata sang induk melahirkan 5-7 ekor. Setelah sang induk itu lahir, maka dalam waktu 2 bulan berikutnya, sang induk tersebut bisa berkembang biak lagi dengan jumlah anak yang sama. Sang induk bisa melahirkan 3-5 kali dalam hidupnya.

Proses perkembangbiakan yang cepat inilah yang membuat banyak orang memilih hamster sebagai hewan yang dipilih untuk diternakkan.

 

Mari Mulai Ternak Hamster

Untuk memulai beternak atau budidaya hamster, ada beberapa hal dan info yang harus anda siapkan sebelumnya.

Makanan Hamster

Hamster suka sekali dengan biji-bijian. Makanan terbaik bagi hamster adalah kwaci dan kacang hijau yang telah direndam hingga lunak. Khusus untuk kacang hijau, sebaiknya anda jangan memberikannya langsung ketika kacang itu masih mentah. Rendam dulu kacang tersebut di dalam air panas hingga melunak, barulah diberikan pada hamster. Kacang hijau akan menjaga bulu hamster tetap lebat, lembut, menjaga warnanya agar tidak pudar, dan tidak mudah rontok.

Pembiakan Hamster

ternak hamster

Seperti telah disinggung sebelumnya, hamster merupakan binatang yang cepat sekali berkembang biak. 3 bulan saja anda menunggu, maka hamster itu sudah melahirkan. Rata-rata jumlah anak yang dilahirkan sang induk adalah 3-7 ekor, bahkan tak jarang lebih dari itu.

Cara mengawinkan hamster sangat mudah. 2 hamster jantan-betina yang berumur sekitar 1-1,5 bulan, disatukan di satu kandang, hingga umurnya mencapai 3-4 bulan. Dengan sendirinya mereka akan kawin dan sang induk akan mulai hamil dan melahirkan.

Namun jika anda menyatukan hamster jantan-betina yang telah berusia 3 bulan atau lebih, maka akan sulit, karena mereka akan cenderung bertengkar, hingga tak jarang hingga berdarah.

Maka dari itu, usahakan proses penyatuan jantan-betina dilakukan ketika mereka masih berumur 1 bulan.

Setelah anak-anaknya lahir, jangan lupa untuk tetap memberi sang induk makan, agar dia tidak memakan anaknya sendiri. Kekurangan makanan dapat menyebabkan sang induk menjadi kanibal.

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: